RELEVANSI MAPEL SEJARAH DALAM TES KEMAMPUAN AKADEMIK: SUATU TELAAH
Keywords:
Mata Pelajaran Sejarah, Pendidikan Sejarah, Tes Kemampuan Akademik, Urgensi SejarahAbstract
Tes Kemampuan Akademik (TKA) sebagai inovasi asesmen pendidikan nasional Indonesia, berfokus pada pengukuran capaian individu tanpa menentukan kelulusan. Namun, relevansi mata pelajaran sejarah sebagai pilihan dalam TKA masih belum dikaji lebih lanjut meskipun mapel sejarah berpotensi membangun kompetensi abad ke-21 seperti berpikir kritis dan kesadaran sosial. Artikel ini bertujuan menganalisis relevansi mapel sejarah dalam TKA dari perspektif pedagogis, serta memberikan gambaran tantangan serta implikasi kebijakan untuk penguatannya. Metode kualitatif deskriptif berbasis studi pustaka digunakan, dengan sumber dari basis data daring serta analisis tematik untuk menyintesis berbagai literatur. Hasil telaah menunjukkan relevansi mapel sejarah dalam TKA dapat didesain untuk menekankan analisis konsep dan sumber historis, mendukung deep learning dan keterampilan pemecahan masalah. Kontribusi mapel sejarah terhadap kompetensi abad ke-21 mencakup pembentukan identitas nasional dan adaptasi global, meskipun tantangan seperti persepsi negatif siswa dan ketimpangan infrastruktur menghambat implementasi. Mapel sejarah menjadi esensial dalam TKA untuk pendidikan inklusif guna memaksimalkan potensinya serta mendukung generasi kompeten dan berwawasan.


