PENGGUNAAN METODE PICTURE BY ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKOLOGI HEWAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI INSEKTA PADA PERSAWAHAN PADI

Authors

  • M. Hadi Fakhrial Universitas Serambi Mekkah
  • azwir Universiitas Serambi Mekkah
  • Edi Surya Universitas Serambi Mekkah

Keywords:

Android picture; biologi; insekta, ekologi hewan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis insekta yang terdapat pada area persawahan padi di Desa Neusok, Kecamatan Darul Kamal, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode eksploratif melalui observasi langsung serta pengambilan sampel menggunakan perangkap cahaya (light trap) dan perangkap jebakan tanah (pitfall trap). Identifikasi spesies dilakukan secara langsung di lapangan menggunakan aplikasi PictureThis dan Insect Identifier berbasis Android. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 17 spesies serangga dari 8 ordo (Blattodea, Coleoptera, Diptera, Dermaptera, Hemiptera, Hymenoptera, Lepidoptera, Odonata) dengan jumlah total 521 individu. Spesies terbanyak yang ditemukan adalah Plodia interpunctella (ordo Lepidoptera) dengan 162 individu, sedangkan yang paling sedikit adalah Drosophila melanogaster (ordo Diptera) dengan 7 individu. Warna cahaya pada light trap berpengaruh terhadap jumlah spesies yang tertangkap, di mana warna hijau dan biru lebih banyak menarik serangga dibandingkan warna lain. Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan light trap berwarna tertentu dapat menjadi metode efektif dalam studi biodiversitas serangga. Hasil identifikasi ini juga berpotensi dijadikan sebagai bahan ajar praktikum, e-modul, atau buku saku dalam pembelajaran Ekologi Hewan, khususnya untuk mahasiswa Pendidikan Biologi

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

M. Hadi Fakhrial, azwir, & Edi Surya. (2025). PENGGUNAAN METODE PICTURE BY ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN EKOLOGI HEWAN UNTUK MENGIDENTIFIKASI INSEKTA PADA PERSAWAHAN PADI . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin (JIMM), 1(1), 36–42. Retrieved from https://journal.aaj.web.id/index.php/jimm/article/view/35

Issue

Section

Articles