Psikoedukasi Pengembangan Life Skill dalam Pengambilan Keputusan Siswa/i Dayah Al-Huda

Authors

  • Annisa Aulia Pantas Br Tarigan Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia
  • Dwi iramadhani unimal
  • Ade Meiliza Tria Amanda Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia
  • Febrin Dwi Mahfuza Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia
  • Sania Az-Zahra Siregar Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia
  • Ridho Ahmad Octaviano Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia
  • Devi Lusiria Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Keywords:

Life Skill; Psikoedukasi; Pengambilan keputusan

Abstract

Abstract

Kemampuan hidup mencakup kemampuan mengenal diri, berpikir rasional, berkomunikasi secara efektif, bekerja sama, serta mengambil keputusan secara tepat dan bertanggung jawab. Keterampilan pengambilan keputusan mencerminkan kemampuan seseorang dalam memilih alternatif terbaik dari berbagai pilihan yang tersedia, berdasarkan pertimbangan rasional, etika, dan tanggung jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan hidup (life skill) pada siswa/i di lingkungan Dayah Al-Huda, khususnya dalam aspek pengambilan keputusan. Metode yang digunakan adalah psikoedukasi, yang mencakup pemberian materi life skill dan pelatihan keterampilan pengambilan keputusan melalui media permainan edukatif. Kegiatan ini melibatkan 10 siswa tingkat Ulya/SMA dan dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2025. Evaluasi dilakukan menggunakan pretest dan posttest yang dianalisis dengan uji Paired Sample t-Test. Hasil menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan keterampilan siswa setelah pelaksanaan program, dengan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05). Dengan demikian, psikoedukasi terbukti efektif dalam meningkatkan kecakapan hidup siswa dalam membuat keputusan yang bijak dan bertanggung jawab.

 

Kata Kunci : Life Skill, Psikoedukasi, Pengambilan keputusan, Siswa Dayah

Abstrak

Life skills include the ability to know oneself, think rationally, communicate effectively, cooperate, and make decisions appropriately and responsibly. Decision-making skills reflect a person's ability to choose the best alternative from various available options, based on rational considerations, ethics, and responsibility. This study aims to develop life skills in students at Dayah Al-Huda, especially in the aspect of decision-making. The method used is psychoeducation, which includes providing life skills material and decision-making skills training through educational games. This activity involved 10 Ulya/SMA level students and was carried out on July 10, 2025. Evaluation was carried out using a pretest and posttest analyzed by the Paired Sample t-Test. The results showed a significant increase in students' understanding and skills after the program implementation, with a significance value of 0.000 (p <0.05). Thus, psychoeducation has been proven effective in improving students' life skills in making wise and responsible decisions.

 

Keywords:Life Skills, Psychoeducation, Decision Making, Dayah Student.

Author Biographies

Annisa Aulia Pantas Br Tarigan, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia

Fakultas Kedokteran, Prodi Psikologi,

Ade Meiliza Tria Amanda, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia

Fakultas Kedokteran, Prodi Psikologi,

Febrin Dwi Mahfuza, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia

Fakultas Kedokteran, Prodi Psikologi,

Sania Az-Zahra Siregar, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia

Fakultas Kedokteran, Prodi Psikologi

Ridho Ahmad Octaviano, Universitas Malikussaleh, Aceh Utara, Indonesia

Fakultas Kedokteran, Prodi Psikologi

Devi Lusiria, Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Fakultas Kedokteran, Prodi Psikologi

Downloads

Published

2025-08-03

How to Cite

Annisa Aulia Pantas Br Tarigan, iramadhani, D., Ade Meiliza Tria Amanda, Febrin Dwi Mahfuza, Sania Az-Zahra Siregar, Ridho Ahmad Octaviano, & Devi Lusiria. (2025). Psikoedukasi Pengembangan Life Skill dalam Pengambilan Keputusan Siswa/i Dayah Al-Huda. JEULIKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat , 1(1), 7–13. Retrieved from https://journal.aaj.web.id/index.php/jeulikat/article/view/27

Issue

Section

Articles